Google Website Translator Gadget

Rabu, Juli 21

Jamur

Kemaren Setelah membaca buletin Puspa Agro ada sebuah artikel yang membahas budidaya Jamur tiram di Sidoarjo. Terselip dibenak Q untuk mempelajari budidaya jamur tiram . Hari ini diri Q mencoba untuk mencari informasi itu dari internet, dan berhasil aq dapatkan info yang menurutku bagus untuk ukuran seperti diri q yang tidak tahu tentang ilmu pertanian sama sekali. Minta ijin Kang BUDI SISWANDI untuk ling arikelnya supanya kalau diri Q membaca ngak perlu cari-cari lagi.

  1. Info budidaya jamur
  2. Info tentang bibit jamur


    Sumber : http://www.budimushroom.co.cc/
    http://www.sumberbibit.com/

Lanjut membaca “Jamur”  »»

Selasa, Juli 20

Jadwal Puasa Dan Imsakiyah 1 Ramadhan 1431 H

“Marhaban Yaa Romadhon”
Tak Terasa Bulan Depan Kita akan menjalankan Puasa. Sudahkah Sobat mempersiapkan diri baik lahir dan batin untuk menyambut bulan baik Ramadhan?

Lanjut membaca “Jadwal Puasa Dan Imsakiyah 1 Ramadhan 1431 H”  »»

Senin, Juli 19

Sop Makaroni Bola Tahu


BAHAN:

50 gram makaroni, cuci
50 gram kacang polong
1 buah tahu takwa (300 gram), haluskan
1 butir telur
1 batang wortel potong panjang
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
1 tangkai daun seledri, potong
Minyak untuk menggoreng


• KUAH:

1 liter air
3 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir

• CARA MEMBUAT:

  1. Bola tahu: campur tahu bersama bawang putih halus, merica, dan garam, aduk rata. Buat bulatan sebesar kelereng, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, goreng tahu hingga kekuningan, angkat, tiriskan.
  3. Rebus air, masukkan wortel, bawang putih, kaldu bubuk, merica, gula pasir, dan garam, masak hingga mendidih. Tambahkan makaroni dan kacang polong, terakhir masukkan bola tahu, angkat.
  4. Sajikan selagi panas dan taburi daun seledri.

Untuk: 4 orang

Resep Sop Yang Lain Download Disini

Lanjut membaca “Sop Makaroni Bola Tahu”  »»

Rabu, Juli 14

Pensiun Si Gurita

Pesta Dunia Telah Berakhir 11 Juli 2010 yang lalu. Selama Pesta Berlangsung banyak kejadian heboh yang terjadi. Salah satunya Paulsi Gurita ( dari Sea Life Center di Oberhausen, Jerman) yang selama piala dunia berlangsung banyak membuat pecinta bola di dunia terkagum - kagum atas aksinya menebak (mempresiksi) menang / kalah di setiap pertandingan.
Namun, penggila sepakbola tidak akan lagi menyaksikan aksi Paul membuat prediksi pertandingan. Jurubicara Sea Life, Tanja Munzig mengungkapkan Paul bakal pensiun. Dan akan dikembalikan pada tugas pokoknya sebagai penghibur anak-anak yang menontonnya dari balik kaca.

Lanjut membaca “Pensiun Si Gurita”  »»

Jangkrik

Jangkrik adalah binatang sejenis serangga, kalau dilihat secara sekilas bentuknya seperti belalang mempunyai sayap dan tidak bisa terbang terlalu jauh. Dalam dunia ini banyak sekali macam macam dari jangkrik, untuk hal ini saya hanya mengenal jangkrik dua macam yang diternakan yaitu jangkrik kalung (Gryllus Testaceus)yang berguna untuk bahan kosmetik dan jangkrik pakan burung dan ikan (yang akan saya pasarkan disini). Kalau ditelusuri lebih lanjut mungkin kita bertanya tanya untuk apa jangkrik itu diberikan untuk burung ocehan dan ikan hias. Jangkrik itu berguna untuk pakan ikan hias dan berguna burung ocehan itu supaya menambah protein kepada hewan itu dan dampak dari jangkrik diberikan kepada burung ocehan suaranya menjadi lebih keras, selain itu untuk ikan supaya kilauan warna dari ikan hias itu keluar.

Lanjut membaca “Jangkrik”  »»

Selasa, Juli 13

Kelapa Muda

Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.

Yang menarik, dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Pohon kelapa dianggap suci, dan berperan penting dalam semua upacara keagamaan. Dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Salah satu produk dari kelapa adalah airnya, ternyata dalam larutannya, air buah nyiur ini punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.

Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Layak memang, bila setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan.

Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.

Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco. Di Indonesia, air kelapa digunakan sebagai minuman (air kelapa muda) dan media pembuatan nata de coco.

Apa saja manfaat air kelapa?:

a. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

b. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

c. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

d. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

e. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

f. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

g. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

h. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Kelapa ijo merupakan salah satu jenis dari berbagai spesies yang pada pohon kelapa. Secara fisik sangat sulit untuk membedakan mana yang kelapa ijo dan hijau. Tapi, setelah dibelah, baru telihat perbedaannya. Kelapa ijo jika dikupas, seratnya berwarna merah. Rasa airnya rada pahit, tidak seperti kelapa hijau yang segar kendati tidak dicampur dengan gula.

Kelapa ijo ditengarai merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti: panas dalam, sembelit, penetral racun, demam berdarah, cacingan, disentri. Bila digunakan untuk membasuh muka, maka manfaat kelapa ijo bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit (anti aging) dan bila digunakan untuk keramas, bisa mencegah timbulnya uban.

Selain itu, kelapa ijo juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malam air kelapa ijo, lalu diminum paginya. Bila hal ini dilakukan setiap pagi, insya Allah suara akan menjadi lebih panjang dan merdu.

Lanjut membaca “Kelapa Muda”  »»

Manfaat Kelapa Muda

Bagi orang yang tinggal di daerah dataran rendah terutama di wilayah pesisir pantai, pohon kelapa bukan sesuatu yang luar biasa. Untuk mendapatkan buahnya sangat mudah baik digunakan sebagai komudity ekonomi atau di olah menjadi produk lain seperti minyak goreng dll. Tapi tahukah anda bahwa buah kelapa muda terutama air kelapanya mempunyai khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan?. Air kelapa yang secara alami sudah berasa manis ini berfungsi membantu proses pencernaan, membantu membersihkan saluran kencing dan berfungsi sebagai pelumas bagi sistem tubuh. Tidak hanya itu, minuman energi alami ini juga kaya akan nutrisi. Apa saja manfaatnya? Berikut uraiannya untuk Anda.

Berikut beberapa manfaat lain dari air kelapa, sebagai berikut:
1. Rendah karbohidrat
2. Rendah lemak, 99 persen bebas lemak
3. Rendah gula alami
4. Menjaga agar tubuh tetap sejuk dan berada pada suhu yang tepat
5. Membantu mengatasi batu ginjal dan batu di saluran kencing
6. Minuman alami untuk bayi yang menderita gangguan usus
7. Berfungsi sebagai minuman isotonik untuk semua usia
8. Kandungan saline dan albumen di dalamnya membantu mengatasi kasus kolera
9. Mempertahankan kadar cairan alami tubuh
10. Efek elektrolit dari air kelapa membantu penyerapan obat serta memudahkan masuknya obat ke dalam aliran darah
11. Air kelapa bisa menjadi pengganti plasma darah karena steril, tidak menghasilkan panas, tidak merusak sel-sel darah merah serta bisa langsung diterima oleh tubuh
12. Membunuh cacing di usus
13. Cocok dikonsumsi sebagai minuman alami saat sedang menenangkan diri, meditasi, mengemudi, makan, berlari, aerobik, bekerja, berolahraga, atau jenis aktivitas lainnya
14. Membantu tubuh melawan virus penyebab flu, herpes, dan AIDS
15. Membantu mencegah osteoporosis
16. Membantu mengontrol diabetes
17. Memudahkan buang air besar
18. Menguatkan kesehatan fungsi tiroid
19. Membantu membunuh cacing keremi
20. Membantu membunuh parasit Giardia Lamblia
21. Memperbaiki pencernaan
22. Sumber energi cepat.
23. Meredakan stres pankreas dan sistem enzim tubuh.
24. Membantu mengtasi penyakit kandung empedu.
25. Membantu mengatasi infeksi jamur Candida.
26. Mencegah pertumbuhan mycoplasma.
27. Membantu mengatasi eksem.
28. Membantu menjaga kelembutan dan kehalusan kulit.

Bagi anda yang mengalami salah satu gangguan yang berhubungan dengan beberapa hal yang disebut diatas, tidak ada salahnya untuk mencoba dengan terapi alternatif dengan cara yang mudah dan sederhana serta murah meriah yakni dengan banyak mengkonsumsi air kelapa muda. (jm/nfa)

Lanjut membaca “Manfaat Kelapa Muda”  »»

Buang Racun Tubuh dengan Tidur


Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika melakukan aktivitas tidur dengan kuantitas dan kualitas yang baik.

Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadi obat kecantikan alami, aktivitas tidur yang dijalani secara normal 7-8 jam tiap malam bisa membantu tubuh melakukan detoksifikasi alami untuk mengusir racun dalam tubuh.

Lanjut membaca “Buang Racun Tubuh dengan Tidur”  »»

Senin, Juli 12

5 Cara Mengatasi Rasa Bosan


Pernah merasa bosan sampai tidak ada energi untuk mengerjakan hal-hal yang perlu atau harus dikerjakan? Atau mungkin sampai tidak mau musti ngapain?
Kerap kali kita mendapat serangan rasa bosan, kehilangan motivasi untuk melakukan aktifitas. Lalu apa yang musti dikerjakan ketika rasa bosan itu datang? Ya yang pasti jangan menunggu berhari-hari apalagi berminggu-minggu menunggu bosan itu hilang.





Cobalah 5 cara di bawah ini untuk mengatasi bosan.

  1. Jika rasa bosan disebabkan karena bertumpuknya kerjaan, cobalah untuk mengerjakannya one step at a time. Satu per satu. Bagi kerjaan besar menjadi beberapa kerjaan kecil sehingga lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan.
  2. Jika rasa bosan melanda karena ada satu hal yang tidak selesai-selesai, kenapa tidak coba untuk tinggalkan dan lupakan barang sejenak? Coba lakukan hal lain yang bisa membuat hati senang. Baru setelah itu kembali lagi ke masalah awal.
  3. Kadang kala, rasa bosan datang karena badan dan pikiran capai. Akan menjadi sulit untuk memiliki motivasi yang cukup jika badan tidak segar. Tidur bisa menjadi solusi. Tidur singkat sekitar 10-20 menit kadang kala dapat mengembalikan energi dan motivasi yang sempat pudar.
  4. Cara lain untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan merubah jadwal harian. Hal-hal yang biasa dikerjakan di pagi hari, bisa dicoba di pindahkan ke jadwal sore / malam hari.
  5. Setiap manusia pasti senang mendapatkan hadiah. Ga harus hadiah mewah dan mahal. Cobalah untuk memberi hadiah pada diri sendiri. Bisa dengan segelas ice cream atau menghabiskan waktu di salon misalnya
Carilah cara yang cocok untuk mengatasi rasa bosan. Setiap orang memiliki caranya masing-masing, dan bisa jadi berbeda-beda untuk setiap kali rasa bosan itu datang.

Sumber :http://www.dunia-ibu.org

Lanjut membaca “5 Cara Mengatasi Rasa Bosan”  »»

Selasa, Juli 6

MINTA SLIP BIRU SAAT DITILANG -Jangan Mau Damai di Tempat !-

Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi.

Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.
Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan STNK ?
Sopir (S) : Baik Pak.
P : Mas tau kesalahannya apa ?
S : Gak Pak.
P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat nomor taksi yang memang gak standar) sambil langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku tilang, lalu menulis dengan sigap.
S : Pak jangan ditilang deh. Wong plat aslinya udah gak tau ilang kemana. Kalo ada pasti saya pasang.
P : Sudah saya tilang saja. Kamu tau gak banyak mobil curian sekarang ? (dengan nada keras !!)
S : (Dengan nada keras juga) Kok gitu ! Taksi saya kan ada STNKnya Pak. Ini kan bukan mobil curian !
P : Kamu itu kalo dibilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas). Kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna MERAH).
S : Maaf, Pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya. Saya mau yang warna BIRU aja.
P : Hey ! (dengan nada tinggi), kamu tahu gak sudah 10 hari ini form biru itu gak berlaku !
S : Sejak kapan Pak form BIRU surat tilang gak berlaku ?
P : Ini kan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU. Dulu kamu bisa minta form BIRU, tapi sekarang ini kamu gak bisa. Kalo kamu gak mau, ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan ngotot)
S : Baik Pak, kita ke komandan Bapak aja sekalian (dengan nada nantangin tuh polisi)

Dalam hati saya, berani betul sopir taksi ini.
P : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas ?
S : Siapa yang melawan ? Saya kan cuman minta form BIRU. Bapak kan yang gak mau ngasih
P : Kamu jangan macam-macam yah. Saya bisa kenakan pasal melawan petugas !
S : Saya gak melawan ? Kenapa Bapak bilang form BIRU udah gak berlaku? Gini aja Pak, saya foto bapak aja deh. Kan bapak yang bilang form BIRU gak berlaku (sambil ngambil HP)

Wah … wah …. hebat betul nih sopir ! Berani, cerdas dan trendy. Terbukti dia mengeluarkan HPnya yang ada kamera.
P : Hey ! Kamu bukan wartawan kan ? Kalo kamu foto saya, saya bisa kandangin (sambil berlalu).

Kemudian si sopir taksi itu pun mengejar polisi itu dan sudah siap melepaskan shoot pertama (tiba-tiba dihalau oleh seorang anggota polisi lagi).
P 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas seperti itu.
S : Si Bapak itu yang bilang form BIRU gak bisa dikasih (sambil tunjuk polisi yang menilangnya) .

Lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang menilang tadi. Ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi yang menghalau si sopir dan polisi yang menilang. Akhirnya polisi yang menghalau tadi menghampiri si sopir taksi.
P 2 : Mas, mana surat tilang yang merahnya? (sambil meminta)
S : Gak sama saya Pak. Masih sama temen Bapak tuh (polisi ke 2 memanggil polisi yang menilang)
P : Sini, tak kasih surat yang biru (dengan nada kesal)

Lalu polisi yang nilang tadi menulis nominal denda sebesar Rp.30.600,- sambil berkata : Nih kamu bayar sekarang ke BRI ! Lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini. Saya tunggu.
S : (Yes !!) OK Pak ! Gitu dong, kalo gini dari tadi kan enak.

Kemudian si sopir taksi segera menjalankan kembali taksinya sambil berkata pada saya, : Pak, maaf kita ke ATM sebentar ya . Mau transfer uang tilang. Saya berkata : “Ya, silakan.”

Sopir taksi itupun langsung ke ATM sambil berkata, “Hatiku senang banget Pak, walaupun ditilang, bisa ngasih pelajaran berharga ke polisi itu. Untung saya paham macam-macam surat tilang.

Tambahnya, : “Pak kalo ditilang kita berhak minta form biru, gak perlu nunggu 2 minggu untuk sidang. Jangan pernah pikir mau ngasih DUIT DAMAI! Mending bayar mahal ke negara sekalian daripada buat oknum.

Dari obrolan dengan sopir taksi tsb dapat saya infokan ke Anda sebagai berikut :

SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat. Itu pun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang dan oknum pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai nilai tilang. Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di kejaksaan setempat. Disini pun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang.

SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak salah no. rek Bank BUMN).

Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk ditukar dengan SIM/STNK kita di Kapolsek terdekat di mana kita ditilang. You know what ? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya tidak melebihi 50 ribu ! Dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA.

Mari Jadikan Segalanya Lebih Baik!

Sumber : http://witriyanto.wordpress.com/

Lanjut membaca “MINTA SLIP BIRU SAAT DITILANG -Jangan Mau Damai di Tempat !-”  »»

Kata Mutiara Cahaya

Sukses tidak diukur dari posisi yang dicapai seseorang dalam hidup, tapi dari kesulitan-kesulitan yang berhasil diatasi ketika berusaha meraih sukses  ~ BOOKER T WASHINGTON ~

Hidup Ini Singkat

Hidup ini singkat. Tidak ada waktu untuk meninggalkan kata-kata penting tak terkatakan.Or

Life is short. There is no time to leave important words unsaid. ~ Paulo Coelho ~

Tentang Visi

Visi tanpa eksekusi adalah lamunan. Eksekusi tanpa visi adalah mimpi buruk.Or

Vision without execution is a daydream. Execution without vision is a nightmare. ~ Japanese Proverb ~

Cara Memulai

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.Or

The way to get started is to quit talking and begin doing. ~ Walt Disney ~

Artikel Yang Lain

Doa Tahun Baru

Kata-Kata Bijak

Buang Racun Tubuh

Dasyatnya Lapindo

Moral Kepemimpinan

RAHASIA PUASA

Board Cahaya

StieKer CaHaya

Followers

Friends Cahaya

Archive Cahaya

 

Copyright © 2009 by CAHAYA HIDUP